Cara Mudah Membuat Blog Sendiri Dengan Gratis

Tahukah anda bahwa sekarang hampir 70% orang mencari informasi dari internet, banyak hal yang mereka cari dari internet misalnya seperti kumpulan berita, tempat wisata, cara-cara atau kumpulan tutorial dan masih banyak lagi informasi yang dapat kita cari di internet.

Saya sendiri sebenarnya selalu mencari informasi dari internet, saya juga sering mencari informasi tentang seputar pelajaran, atau ketika saya ingin membaca suatu cerita saya tidak lagi perlu pergi ke toko buku untuk membeli buku cerita, hanya cukup akses internet muncul lah kumpulan cerita yang bisa kita pilih. Dalam mencari suatu pekerjaan pun kita juga bisa menggunakan internet, tinggal ketik kata info lowongan pekerjaan maka akan tampil pilihan suatu pekerjaan yang menurut kita pekerjaan tersebut cocok.

Dalam kesempatan kali ini saya akan menjelaskan bagaimana sih cara membuat blog di blogger.com yang tentunya gratis dan mudah sekali ya kawan. Kenapa saya lebih memilih blogger.com, karena menurut saya jika pemula lebih baik menggunakan blogger.com. Selain fitur-fiturnya yang mudah digunakan kita juga tidak harus mengeluarkan biaya untuk membuat blog, kita hanya perlu membuat blog yang baik dan memiliki konten sangat berkualitas sehingga blog kita nanti akan menjadi populer dengan pengunjung yang cukup banyak.

Sebelum membuat blog alangkah baiknya jika kita membuat suatu perencanaan yang matang. Dalam perencanaan ini banyak hal yang harus di persiapkan, seperti hal yang harus di persiapkan adalah niche blog atau tema, template blog dan lainnya yang akan kita pakai di blog kita.

Dalam menentukan tema kalau menurut saya cukup gunakan tema tentang hobi saja, jadi nantinya jika kita akan membuat konten-kontennya tidak mudah bosan dan yang paling penting jangan menggunakan tema pornografi atau yang melanggar hukum lainnya karena itu akan membuat blog anda tidak akan di indeks mesin pencari seperti google.

Baiklah Berikut Ini Adalah Cara Membuat Blog


Dalam membuat blog hal pertama yang harus kita lakukan adalah membuat email. Saran saya kalau kita akan membuat blog pada blogger.com lebih baik gunakan email bawaan dari google yaitu gmail yang nantinya akan lebih mudah dalam menggunakannya.
  • Langkah pertama dalam membuat email di gmail anda bisa mengakses daftar akun google. Isikan data anda pada kolom tersebut yang nantinya akan menjadi informasi kotak dasar anda.
    cara membuat blog
  • Kemudian jika anda sudah mengisi semua kolom berikutnya tekan tombol Langkah Berikutnya
  • Selanjutnya anda akan di alihkan ke suatu dialog persyaratan dan privacy. Anda bisa membaca persyaratan dan privacy tersebut dan jika anda setuju tekan Saya Setuju untuk melanjutkan ke langkah berikutnya. 
    cara membuat blog
  • Selamat email baru anda telah berhasil dibuat. Setelah anda berhasil mendaftarkan akun kini anda sudah bisa menggunakan fitur-fitur dari google seperti gmail, google plus, maps, blogger dan lain sebagainya.
    cara membuat blog

  • Karena sekarang anda sudah bisa menggunakan salah satu fitur dari google yaitu blogger. Kini anda sudah bisa memulai untuk membuat blog gratis impian anda. Buat lah blog yang unik dan belum banyak orang mempunyai blog seperti blog anda, buat blog yang bermanfaat dan banyak di cari oleh banyak pengguna internet, karena tujuan dari diciptakannya blog adalah untuk memberikan informasi yang luas bagi para  pengguna  internet.


Membuat Blog Di Blogger


  1. Setelah akun gmail anda berhasil di buat sekarang kita menuju ke langkah berikutnya, yaitu membuat blog di blogger.com. Buka browser anda kemudian akses blogger.com, setelah terbuka jendela seperti gambar di bawah ini kemudian klik Buat Blog.
    cara membuat blog
  2. Pada halaman ini anda akan di minta konfirmasi profil anda yang akan di tampilkan kepada pembaca saat mereka melihat kumpulan artikel yang berada di blog anda. Penggunaan profil Google+ akan memberikan anda identitas di properti  identitas Google dan menghubungkan anda dengan pembaca, sehingga mereka dapat merekomendasikan konten dari blog anda ke Google+ dan jika anda memilih untuk menyembunyikan identitas asli anda maka pilihlah profil blogger terbatas dan anda akan diminta untuk memberikan nama tampilan anda di profil blogger. 
    cara membuat blog
  3. Setelah anda selesai membuat profil anda kini anda akan masuk ke dalam dasbor blogger. 
    cara membuat blog
  4. Masukkan judul blog anda di kolom judul (nomor 1), anda bisa membuat judul sesuka hati anda. Sebagai contoh saya membuat judul dengan kota wisata, judul blog menurut anda tidak perlu yang terlalu rumit, lebih baik judul yang sederhana, mudah di ingat dan menarik bagi banyak orang.
  5. Alamat anda bisa membuat alamat (nomor 2) dengan sesuka hati anda. contoh saya memakai kotawisata1.blogspot.com. Alamat tidak harus sesuai dengan judul blog, anda bisa saja menggunakan nama atau kalimat lainnya untuk alamat blog anda.
  6. Sedangkan (nomor 3) adalah alamat blog yang tersedia, misalkan anda membuat alamat blog dan ada tampilan tanda seru (!) dan bertuliskan "maaf alamat blog ini tidak tersedia" maka anda bisa memilih opsi lain untuk alamat blog. Atau anda bisa menambahkan nomor pada alamat blog seperti contoh saya menambahkan angka 1 tersebut.
  7. Dan yang terakhir adalah tema. Gunakan tema yang sesuai dengan selera anda atau mungkin anda bisa nantinya menggunakan template dari download di website-website penyedia template blog. Jika saya menyarankan lebih baik gunakan template yang cepat, dan sederhana saja, karena banyak orang yang suka berkunjung ke suatu blog karena blog tersebut tidak lambat dan tidak membingungkan pengguna internet khususnya. Setelah siap klik Buat Blog.
  8. Selamat blog baru anda telah jadi. Anda bisa mencoba melihat blog anda dengan klik Lihat Blog
    cara membuat blog
Pada dasbor blogger tersebut telah tersedia menu-menu, seperti pos yang berfungsi untuk melihat kumpulan artikel-artikel dari blog anda. 
Statistik merupakan komponen yang digunakan untuk melihat interaksi blog anda dengan para pengguna internet, seperti berapa pengunjung blog, dari mana asal pengunjung dan lain sebagainya.
Komentar anda bisa menggunakannya untuk melihat dan membalas komentar yang tersedia.
Kampanye bisa berguna untuk mempromosikan blog anda.
Laman memiliki berbagai kumpulan laman pada situs anda, bisa anda gunakan untuk  laman kontak anda atau hubungi.
Tata Letak bisa anda gunakan untuk menambah Gatget atau mengatur penempatan Gatget tersebut sesuai selera anda.
Tema anda juga bisa menggunakannya untuk merubah atau mengganti tema, jika anda menguasai desain web anda juga bisa mengganti dengan input kode manual tanpa memasang template bawaan blogger atau template download.
Dan Setelan berguna untuk pengaturan blog anda, seperti menambahkan penulis artikel, memberikan deskripsi blog, pengaturan untuk komentar dan lainnya.


Anda Juga Bisa Melihat Video Cara Mudah Membuat Blog Berikut Ini



Itulah seputar cara mudah membuat blog sendiri dengan gratis dari saya, sebenarnya membuat blog itu mudah akan tetapi yang memerlukan usaha adalah untuk mengembangkannya hingga bisa menjadi blog yang membanggakan diri sendiri tentunya. Jika blog kita ramai pengunjung setiap harinya pasti untuk mendapatkan uang dolar pun akan lebih mudah tentunya. Saya juga baru belajar blog dan belum bisa menghasilkan dari blog ini, mohon saran dari anda semua semoga blog ini bisa lebih berkembang lagi, bermanfaat bagi anda dan terutama bagi saya. Dan akhir kata terimakasih telah membaca artikel saya sobat.

Comments

  1. Keren kanggg...

    ReplyDelete
  2. wah ternyata mudah ya membuat blog

    ReplyDelete
    Replies
    1. mudah buatnya, yang sulit cara mengembangkannya gan. supaya bisa jadi blog yang unggulan hhhe :-D

      Delete

Post a Comment